Langsung ke konten utama

TUGAS 5 - PPL A

NAMA   : Ananda Hadi Saputra

KELAS  : PPL A

NRP       : 5025201148

Low Level Design

Low Level Design (LLD) adalah tahap dalam pengembangan perangkat lunak di mana detail teknis dari solusi yang telah direncanakan dalam desain tingkat tinggi (HLD) diimplementasikan secara lebih rinci. Ini mencakup desain struktur data, algoritma, dan logika pemrograman yang diperlukan untuk membangun komponen atau modul perangkat lunak secara konkret. LLD memungkinkan pengembang untuk menguraikan solusi yang telah direncanakan menjadi instruksi yang jelas untuk implementasi yang efisien.

Pada tugas kali ini, saya menggunakan referensi dari jurnal berikut yang berjudul RANCANG BANGUN APLIKASI TRAVEL ONLINE BERBASIS ANDROID



Deskripsi Aplikasi 
Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi Android yang memudahkan masyarakat dalam memesan tiket travel secara online. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam mengatur perjalanan. Fitur utama yang akan dikembangkan meliputi pembuatan aplikasi travel online yang memungkinkan pengguna mencari dan memesan tiket dengan mudah, memilih rute dan jadwal, serta melakukan pembayaran secara online. Selain itu, aplikasi ini akan diintegrasikan dengan Google Map API untuk menawarkan fitur navigasi canggih, memungkinkan pengguna melihat rute perjalanan, mencari lokasi penjemputan dan pengantaran, serta mendapatkan petunjuk arah secara real-time. Aplikasi juga akan menampilkan harga tiket berdasarkan jarak yang dihitung menggunakan Google Map API, sehingga memberikan transparansi harga dan membantu pengguna dalam merencanakan anggaran perjalanan. Dengan fitur-fitur tersebut, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi praktis dan efisien bagi masyarakat dalam memesan tiket travel dan meningkatkan pengalaman perjalanan mereka.

Persyaratan Fungsional:
  • Melihat Jadwal
    • Pengguna dapat melihat jadwal keberangkatan travel berupa rute kota asal – kota tujuan, hari dan waktu keberangkatan.
  • Memesan Tiket
    • Pengguna memesan tiket dengan memasukkan data diri yang terdiri dari nama dan nomor hp.
  • Melihat Rute, Jarak, dan Harga
    • Pengguna dapat melihat rute, jarak, dan harga jika sudah memasukkan alamat asal dan alamat tujuan.
Persyaratan Non-Fungsional:
  • Kinerja:
    • Aplikasi harus responsif dan mampu memproses permintaan pengguna dalam waktu kurang dari 2 detik, terutama saat menampilkan rute dan harga.
  • Keamanan:
    • Data pribadi pengguna harus dilindungi dengan enkripsi dan harus mematuhi standar keamanan data yang berlaku untuk mencegah akses yang tidak sah.
  • Ketersediaan:
    • Aplikasi harus tersedia dan dapat diakses oleh pengguna 99.9% dari waktu operasional, dengan downtime minimal untuk pemeliharaan.
  • Skalabilitas:
    • Aplikasi harus mampu menangani peningkatan jumlah pengguna dan data tanpa penurunan kinerja, terutama pada saat puncak pemesanan.
  • Kompatibilitas:
    • Aplikasi harus kompatibel dengan berbagai versi sistem operasi Android yang banyak digunakan untuk memastikan cakupan pengguna yang luas.
  • Pengalaman Pengguna:
    • Aplikasi harus mudah digunakan dengan antarmuka yang intuitif dan navigasi yang sederhana untuk memastikan pengalaman pengguna yang positif.
  • Pemeliharaan: 
    • Kode sumber aplikasi harus ditulis dengan baik dan terdokumentasi untuk memudahkan pemeliharaan dan pembaruan di masa depan.
High Level Design (HLD)
Dalam High Level Design pertama, terdapat rencana desain arsitektur untuk aplikasi tersebut. Berikut adalah desain arsitektur yang direncanakan untuk APLIKASI TRAVEL ONLINE BERBASIS ANDROID.





Pada High Level Design kedua, saya akan sajikan activity diagram atau cara kerja sistem secara compact yang digunakan dalam APLIKASI TRAVEL ONLINE BERBASIS ANDROID.


Low Level Design (LLD)
Tampilan Antar Muka (Interface). Berikut adalah rencana UI atau interface yang akan digunakan:

Tampilan Jadwal

Tampilan Form Pemesanan

Tampilan Rute, Jarak, dan Harga


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS - PPL A

NAMA   : Ananda Hadi S NRP        : 5025201148 KELAS : PPL A 1. Apakah perbedaan model analysis dengan model desain? Model Analysis Model analisis fokus pada pemahaman dan penjelasan tentang bagaimana suatu sistem atau fenomena bekerja atau berinteraksi.  Tujuan utama dari model analisis adalah untuk mengidentifikasi masalah, memahami hubungan antara variabel, dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang suatu situasi atau sistem.  Contoh dari model analisis termasuk model matematika, analisis data, atau teori yang digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi perilaku sistem tertentu.  Model Desain Model desain berfokus pada pembuatan rencana atau representasi bagaimana suatu sistem atau objek akan dibuat atau dirancang.  Tujuan dari model desain adalah untuk menghasilkan solusi atau implementasi yang memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu berdasarkan hasil analisis.  Contoh model desain meliputi blueprints (denah), skema konstruksi, a...

APSI - TUGAS 8 - Data Modelling

  Apa itu Data Modelling? Data modeling adalah proses merancang struktur dan representasi data untuk memahami, menggambarkan, dan mengorganisasi informasi dalam suatu sistem atau organisasi. Hal ini dilakukan dengan menggunakan konsep, notasi, dan metode tertentu untuk menyusun model data yang mempresentasikan hubungan antara entitas, atribut, dan aturan yang berlaku dalam konteks yang relevan. Data modeling membantu dalam pemahaman dan dokumentasi yang lebih baik tentang data yang digunakan dan diproses dalam suatu sistem. Tujuannya adalah untuk menciptakan pemahaman yang konsisten dan jelas tentang struktur data, hubungan antara data, dan aturan bisnis yang mengatur penggunaan data. jenis jenis data modeling CDM (Conceptual Data Model): Model data konseptual (CDM) adalah representasi tingkat tinggi dari struktur data yang berfokus pada pemahaman konseptual dari domain atau sistem yang dimodelkan. CDM membantu untuk memahami informasi yang diperlukan dalam suatu organisasi atau si...

EAS - PPL A

NAMA     : Ananda Hadi S NRP      : 5025201148 KELAS : PPL A EAS Perancangan Perangkat Lunak A, dengan pilihan desain Starbuck Deskripsikan model bisnis yang dipilih? Touchpoints (Titik Kontak) Google Map Smart Phone Google Map Smart Phone Car Store’s Architecture and Signage Printed Materials Starbucks Application and Credit Card Machine Starbucks Application Pick-up Window, Employee Employee, Pick-up Box, and Drinks User Journey Pengaturan tujuan:  Pelanggan mengatur tujuan ke Starbucks terdekat menggunakan Google Maps di smartphone. (Catatan:  Menyediakan informasi tentang bagaimana Starbucks beroperasi saat ini: hanya untuk dibawa pulang). Perjalanan ke starbucks:  Pelanggan berjalan atau mengemudi ke lokasi Starbucks. Melihat tanda dan logo:  Pelanggan melihat logo Starbucks dan tanda pada pintu masuk. Instruksi di pintu:  Pelanggan melihat instruksi di pintu mengenai proses pemesanan. Memilih pesan online:  Pelanggan...