Langsung ke konten utama

ETS PWEB

Nama    : Ananda Hadi Saputra

NRP      : 5025201148

Kelas    : Pemograman Web - A

Tahun   : 2023

ETS PWEB

1. Jelaskan fungsi html, css, javascript, bootstrap, dalam pembangunan aplikasi web
  1. HTML (Hypertext Markup Language):


    • Fungsi: HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur dasar dari halaman web. Ini mendefinisikan elemen-elemen seperti teks, gambar, tautan, paragraf, dan bagian lainnya dalam dokumen web.

    • Peran: HTML digunakan untuk mengatur konten dasar di halaman web dan memberikan struktur yang akan dihiasi dengan gaya CSS.

  2. CSS (Cascading Style Sheets):


    • Fungsi: CSS digunakan untuk mengatur tampilan dan tata letak elemen-elemen HTML. Ini mendefinisikan warna, jenis huruf, ukuran, jarak antara elemen, dan gaya visual lainnya.

    • Peran: CSS memungkinkan pengembang untuk merancang tampilan yang menarik dan konsisten untuk halaman web.

  3. JavaScript:


    • Fungsi: JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk memberikan interaktivitas pada halaman web. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol perilaku elemen-elemen HTML, merespons tindakan pengguna, dan berkomunikasi dengan server.

    • Peran: JavaScript memungkinkan pengembang untuk membuat fitur seperti validasi formulir, animasi, pemuatan data dinamis, dan berbagai fungsi interaktif lainnya.

  4. Bootstrap:


    • Fungsi: Bootstrap adalah kerangka kerja (framework) front-end yang berisi kumpulan alat dan gaya yang sudah siap pakai untuk membangun aplikasi web responsif dengan cepat. Ini menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript yang sudah ada untuk mempermudah pengembangan.

    • Peran: Bootstrap mempercepat pengembangan aplikasi web dengan menyediakan komponen dan gaya siap pakai seperti navigasi, tombol, grid system, dan komponen lainnya yang memastikan tampilan yang konsisten dan responsif di berbagai perangkat.


  5. 2. Buatlah screenshot dari aplikasi yang telah dikerjakan, kemudian buat link ke tugas source codenya.


  1. Link Github : link
  2. Link Deploy : link


  3. 3. Sebuah perpustakaan ingin membuat aplikasi web. Fungsi aplikasi untuk display koleksi buku, peta lokasi, informasi berita/ kegiatan, dan pendaftaran online. Desainkan front end website perpustakaan.

    • Halaman Login
      • Mengisi username/ID.
      • Mengisi Password.

    • Halaman Home (Home Page):
      • Header dan navigasi.
      • Terdapat home screen yang menyambut user/admin.
      • User Interface yang menarik.

    • Halaman Semua Buku (Book Collection Page):
      • Header dan navigasi.
      • Pencarian untuk mencari buku dengan judul.
      • Daftar buku dengan judul, pengarang, dan tahun terbit untuk setiap buku.

    • Halaman Pengembalian Buku (Book Return Page):
      • Header dan navigasi.
      • Informasi detail tentang Id peminjam, judul, penerbit, tahun terbit, tgl pinjam, dan tgl kembali.
      • Tombol home untuk kembali ke Home Page.

    • Halaman Peminjaman Buku (Book Borrow Page):
      • Header dan navigasi.
      • Informasi detail tentang Id peminjam, judul, penerbit, tahun terbit, tgl pinjam, dan nama peminjam.
      • Tombol home untuk kembali ke Home Page.

    • Halaman Tambah Buku (Add Book Page):
      • Header dan navigasi.
      • Tambah buku dengan judul, pengarang, dan tahun terbit untuk setiap buku.
      • Tombol untuk tambah buku jika ingin menambah buku.

    • Halaman Profile (Profile Page):
      • Header dan navigasi.
      • Informasi detail tentang nama, id, email, role, no telf, dan alamat.
      • Tombol submit bila ada perubahan pada profile.

    • Halaman Pengaturan (Setting Page)
      • Header dan navigasi.
      • Informasi detail tentang theme, location, bahasa, sharing, privacy, photo.
      • Tombol submit bila ada perubahan pada setting

4. Implementasikan desainmu dan buat dokumentasi.


Link Deploy : Link


5. Presentasikan dalam video youtube, dan diembedded ke dalam blog dokumentasi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS - PPL A

NAMA   : Ananda Hadi S NRP        : 5025201148 KELAS : PPL A 1. Apakah perbedaan model analysis dengan model desain? Model Analysis Model analisis fokus pada pemahaman dan penjelasan tentang bagaimana suatu sistem atau fenomena bekerja atau berinteraksi.  Tujuan utama dari model analisis adalah untuk mengidentifikasi masalah, memahami hubungan antara variabel, dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang suatu situasi atau sistem.  Contoh dari model analisis termasuk model matematika, analisis data, atau teori yang digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi perilaku sistem tertentu.  Model Desain Model desain berfokus pada pembuatan rencana atau representasi bagaimana suatu sistem atau objek akan dibuat atau dirancang.  Tujuan dari model desain adalah untuk menghasilkan solusi atau implementasi yang memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu berdasarkan hasil analisis.  Contoh model desain meliputi blueprints (denah), skema konstruksi, a...

APSI - TUGAS 8 - Data Modelling

  Apa itu Data Modelling? Data modeling adalah proses merancang struktur dan representasi data untuk memahami, menggambarkan, dan mengorganisasi informasi dalam suatu sistem atau organisasi. Hal ini dilakukan dengan menggunakan konsep, notasi, dan metode tertentu untuk menyusun model data yang mempresentasikan hubungan antara entitas, atribut, dan aturan yang berlaku dalam konteks yang relevan. Data modeling membantu dalam pemahaman dan dokumentasi yang lebih baik tentang data yang digunakan dan diproses dalam suatu sistem. Tujuannya adalah untuk menciptakan pemahaman yang konsisten dan jelas tentang struktur data, hubungan antara data, dan aturan bisnis yang mengatur penggunaan data. jenis jenis data modeling CDM (Conceptual Data Model): Model data konseptual (CDM) adalah representasi tingkat tinggi dari struktur data yang berfokus pada pemahaman konseptual dari domain atau sistem yang dimodelkan. CDM membantu untuk memahami informasi yang diperlukan dalam suatu organisasi atau si...

EAS - PPL A

NAMA     : Ananda Hadi S NRP      : 5025201148 KELAS : PPL A EAS Perancangan Perangkat Lunak A, dengan pilihan desain Starbuck Deskripsikan model bisnis yang dipilih? Touchpoints (Titik Kontak) Google Map Smart Phone Google Map Smart Phone Car Store’s Architecture and Signage Printed Materials Starbucks Application and Credit Card Machine Starbucks Application Pick-up Window, Employee Employee, Pick-up Box, and Drinks User Journey Pengaturan tujuan:  Pelanggan mengatur tujuan ke Starbucks terdekat menggunakan Google Maps di smartphone. (Catatan:  Menyediakan informasi tentang bagaimana Starbucks beroperasi saat ini: hanya untuk dibawa pulang). Perjalanan ke starbucks:  Pelanggan berjalan atau mengemudi ke lokasi Starbucks. Melihat tanda dan logo:  Pelanggan melihat logo Starbucks dan tanda pada pintu masuk. Instruksi di pintu:  Pelanggan melihat instruksi di pintu mengenai proses pemesanan. Memilih pesan online:  Pelanggan...