Langsung ke konten utama

TUGAS 1 - PPL A

NAMA   : Ananda Hadi Saputra

KELAS  : PPL A

NRP       : 5025201148

Tugas pertama berupa latihan mengidentifikasi proses perancangan perangkat lunak dengan jurnal/dokumen perancangan perangkat lunak sebagai referensi.

Referensi : Perancangan Perangkat Lunak untuk Menggambar Diagram Berbasis Android

  • Deskripsi Aplikasi
    • sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk menggambar diagram UML berbasis Android. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan meningkatkan mobilitas seorang pengembang aplikasi dalam mendesain sistem.

  • Desain Arsitektur
    • Metode penelitian menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) Prototype. Model SDLC klasik memiliki kelemahan dalam waktu pengerjaan yang lama, sekitar 3 hingga 5 tahun. Untuk mengatasi hal ini, digunakan model prototyping yang dianggap lebih efektif dan cepat. Tahapan prototyping diatur dengan mengulangi salah satu dari empat tahap pertama hingga pengguna menyetujui prototype. Setelah prototipe disetujui, sistem akan menjadi blue print yang siap diimplementasikan.


  • Deskripsi Komponen
    • Perancangan perangkat lunak dijalankan pada Android dengan sistem operasi minimum versi 7.0 (Nougat). Spesifikasi perangkat keras yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:


  • Diagram Use Case
    • Pada aplikasi tersebut dirancang hasil ekspor dari UML tersebut berupa gambar berformat JPG atau PNG. Selain itu, hasil penggambaran dapat disimpan dalam bentuk vektor agar dapat digambar kembali. Salah satu keunggulan memanfaatkan Android Canva adalah proses penerapan pemahaman mengenai gambar vektor dimana gambar vektor merupakan susunan dari pixel-pixel dengan perhitungan atribut-atribut vektor, sehingga memungkinkan untuk tetap melakukan pengubahan bentuk, warna atau atribut lainnya



Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS - PPL A

NAMA     : Ananda Hadi S NRP      : 5025201148 KELAS : PPL A EAS Perancangan Perangkat Lunak A, dengan pilihan desain Starbuck Deskripsikan model bisnis yang dipilih? Touchpoints (Titik Kontak) Google Map Smart Phone Google Map Smart Phone Car Store’s Architecture and Signage Printed Materials Starbucks Application and Credit Card Machine Starbucks Application Pick-up Window, Employee Employee, Pick-up Box, and Drinks User Journey Pengaturan tujuan:  Pelanggan mengatur tujuan ke Starbucks terdekat menggunakan Google Maps di smartphone. (Catatan:  Menyediakan informasi tentang bagaimana Starbucks beroperasi saat ini: hanya untuk dibawa pulang). Perjalanan ke starbucks:  Pelanggan berjalan atau mengemudi ke lokasi Starbucks. Melihat tanda dan logo:  Pelanggan melihat logo Starbucks dan tanda pada pintu masuk. Instruksi di pintu:  Pelanggan melihat instruksi di pintu mengenai proses pemesanan. Memilih pesan online:  Pelanggan...

ETS - PPL A

NAMA   : Ananda Hadi S NRP        : 5025201148 KELAS : PPL A 1. Apakah perbedaan model analysis dengan model desain? Model Analysis Model analisis fokus pada pemahaman dan penjelasan tentang bagaimana suatu sistem atau fenomena bekerja atau berinteraksi.  Tujuan utama dari model analisis adalah untuk mengidentifikasi masalah, memahami hubungan antara variabel, dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang suatu situasi atau sistem.  Contoh dari model analisis termasuk model matematika, analisis data, atau teori yang digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi perilaku sistem tertentu.  Model Desain Model desain berfokus pada pembuatan rencana atau representasi bagaimana suatu sistem atau objek akan dibuat atau dirancang.  Tujuan dari model desain adalah untuk menghasilkan solusi atau implementasi yang memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu berdasarkan hasil analisis.  Contoh model desain meliputi blueprints (denah), skema konstruksi, a...

APSI - TUGAS 5 - Requirement Definition

Requirement Definition Definisi Requirements Dalam pengembangan perangkat lunak, definisi requirements mengacu pada proses mengidentifikasi, mendefinisikan, dan mendokumentasikan kebutuhan atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu sistem atau aplikasi. Requirements atau kebutuhan ini berfungsi sebagai panduan bagi tim pengembang perangkat lunak dalam merancang, mengembangkan, dan menguji sistem yang diinginkan. Fungsi Requirements Berikut adalah beberapa fungsi utama dari requirements: Menjelaskan kebutuhan pengguna: Requirements membantu menggambarkan dan menjelaskan kebutuhan pengguna atau pemangku kepentingan terkait sistem atau aplikasi yang akan dikembangkan. Menyediakan panduan untuk perancangan sistem: Requirements menjadi dasar dalam merancang arsitektur, fungsionalitas, dan fitur-fitur yang akan ada dalam sistem. Membantu dalam perencanaan dan estimasi proyek: Requirements yang terdefinisi dengan baik memungkinkan tim pengembang untuk melakukan perencanaan proyek yang le...