Langsung ke konten utama

Quiz 2 Pemrograman Web

Nama  : Ananda Hadi Saputra

NRP    : 5025201148

Kelas   : Pemrograman Web

Tahun  : 2023

1. Tuliskan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak dan struktur menu yang cocok untuk aplikasi yang akan dibuat (individu - jam kuliah

Spesifikasi Kebutuhan:

    Manajemen Siswa:

    • Basis Data Siswa: Nama, usia, alamat, data kontak, dan riwayat belajar.
    • Pendaftaran Siswa Baru: Formulir pendaftaran online dengan validasi data.
    • Pembaruan Informasi: Kemampuan untuk memperbarui informasi siswa.
    • Manajemen Jadwal Bimbingan:

    Manajemen Jadwal Bimbingan:

    • Kalender Jadwal: Tampilan berdasarkan cabang, guru, atau mata pelajaran.
    • Penjadwalan Bimbingan: Tambah, ubah, atau batalkan jadwal bimbingan
    Pengelolaan Materi Pelajaran:
    • Penyimpanan Materi: Berdasarkan mata pelajaran dan tingkat kelas.
    • Integrasi Sumber Belajar: Modul, video, latihan soal, dan sumber belajar lainnya.

    Komunikasi:

    • Sistem Pesan Internal: Untuk guru, siswa, dan orang tua.
    • Pemberitahuan Otomatis: Jadwal bimbingan, hasil tes, atau pengumuman penting.

    Dashboard dan Laporan:

    • Dashboard Pengelola: Ringkasan statistik jumlah siswa, jadwal bimbingan, dan kinerja guru.
    • Laporan: Perkembangan siswa, absensi, keberhasilan dalam materi tertentu.

    Keamanan dan Akses:

    • Sistem Keamanan: Perlindungan data siswa, guru, dan orang tua.
    • Pengelolaan Akses Berbasis Peran: Admin, guru, dan orang tua hanya mengakses informasi sesuai peran mereka.

    Responsif dan Mudah Digunakan:

    • Antarmuka Pengguna: Responsif dan ramah pengguna.
    • Akses dari Perangkat Apa Pun: Desktop, tablet, dan ponsel.
    • Navigasi Mudah: Memudahkan pengguna dalam menjelajahi fitur-fitur perangkat lunak.

Struktur Menu:

    1. Dashboard:
      • Ringkasan statistik.
    1. Manajemen Siswa:
      • Pendaftaran Siswa Baru.
      • Pembaruan Informasi Siswa.
    1. Jadwal Bimbingan:
      • Kalender Jadwal.
      • Penjadwalan Bimbingan.
    1. Pengelolaan Materi Pelajaran:
      • Penyimpanan Materi.
      • Integrasi Sumber Belajar.
    1. Komunikasi:
      • Sistem Pesan Internal.
      • Pemberitahuan Otomatis.
    1. Dashboard dan Laporan:
      • Dashboard Pengelola.
      • Laporan.
    1. Keamanan dan Akses:
      • Sistem Keamanan.
      • Pengelolaan Akses Berbasis Peran.
    1. Pengaturan:
      • Pengaturan Umum.
      • Pengaturan Keamanan.
    1. Logout.

  1. 2. Buatlah desain database dan struktur table yang akan menampung data yang dikelola (individu - jam kuliah)


link Vertabelo : Vertabelo

3. Desain Front End dan Page End yang dibuat untuk aplikasi (individu - jam kuliah)

DASHBOARD

SISWA

JADWAL BIMBINGAN

MATERI PELAJARAN

KOMUNIKASI PESAN

PENGGUNA

STATISTIK

LAPORAN

Link Figma: Figma

4. Sebutkan daftar action untuk Back End yang akan dibutuhkan. Jelaskan digunakan apa saja (individu - jam kuliah)

Siswa:

    1. Create: Menambahkan siswa baru ke database.
    2. Read: Mengambil informasi tentang satu atau lebih siswa.
    3. Update: Mengubah detail siswa yang sudah ada.
    4. Delete: Menghapus siswa dari database.

Jadwal_Bimbingan:

    1. Create: Menjadwalkan sesi bimbingan baru.
    2. Read: Mengambil informasi tentang jadwal bimbingan untuk satu atau lebih siswa.
    3. Update: Mengubah detail sesi bimbingan yang sudah ada.
    4. Delete: Membatalkan atau menghapus sesi bimbingan.

Materi_Pelajaran:

    1. Create: Menambahkan materi pelajaran baru ke database.
    2. Read: Mengambil informasi tentang materi pembelajaran untuk mata pelajaran dan tingkat kelas tertentu.
    3. Update: Mengubah detail materi pembelajaran yang sudah ada.
    4. Delete: Menghapus materi pembelajaran dari database.

Komunikasi_Pesan:

    1. Create: Mengirim pesan baru antara pengguna (siswa atau guru).
    2. Read: Mengambil pesan untuk pengguna atau percakapan tertentu.
    3. Update: Menandai pesan sebagai sudah dibaca atau memperbarui konten pesan.
    4. Delete: Menghapus pesan atau seluruh percakapan.

Dashboard_Statistik:

    1. Read: Mengambil dan menampilkan statistik seperti jumlah siswa, sesi bimbingan, dan kinerja guru.

Laporan:

    1. Create: Menghasilkan dan menyimpan laporan baru untuk perkembangan siswa, absensi, dll.
    2. Read: Mengambil informasi dari laporan yang sudah ada.
    3. Update: Mengubah konten atau detail laporan.
    4. Delete: Menghapus laporan dari database.

Pengguna:

    1. Create: Menambahkan pengguna baru ke sistem (admin, guru, atau orang tua).
    2. Read: Mengambil informasi tentang pengguna.
    3. Update: Mengubah detail pengguna atau peran.
    4. Delete: Menghapus pengguna dari sistem.

5. Implementasikan dan buat dokumentasinya. Presentasikan jawaban ke dalam bentuk video dan embendded ke blog jawaban (kelompok 3 orang - deadline 12 Desember 2023 jam 08.00)

Link : Video
Link : Code


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS - PPL A

NAMA   : Ananda Hadi S NRP        : 5025201148 KELAS : PPL A 1. Apakah perbedaan model analysis dengan model desain? Model Analysis Model analisis fokus pada pemahaman dan penjelasan tentang bagaimana suatu sistem atau fenomena bekerja atau berinteraksi.  Tujuan utama dari model analisis adalah untuk mengidentifikasi masalah, memahami hubungan antara variabel, dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang suatu situasi atau sistem.  Contoh dari model analisis termasuk model matematika, analisis data, atau teori yang digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi perilaku sistem tertentu.  Model Desain Model desain berfokus pada pembuatan rencana atau representasi bagaimana suatu sistem atau objek akan dibuat atau dirancang.  Tujuan dari model desain adalah untuk menghasilkan solusi atau implementasi yang memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu berdasarkan hasil analisis.  Contoh model desain meliputi blueprints (denah), skema konstruksi, a...

EAS - PPL A

NAMA     : Ananda Hadi S NRP      : 5025201148 KELAS : PPL A EAS Perancangan Perangkat Lunak A, dengan pilihan desain Starbuck Deskripsikan model bisnis yang dipilih? Touchpoints (Titik Kontak) Google Map Smart Phone Google Map Smart Phone Car Store’s Architecture and Signage Printed Materials Starbucks Application and Credit Card Machine Starbucks Application Pick-up Window, Employee Employee, Pick-up Box, and Drinks User Journey Pengaturan tujuan:  Pelanggan mengatur tujuan ke Starbucks terdekat menggunakan Google Maps di smartphone. (Catatan:  Menyediakan informasi tentang bagaimana Starbucks beroperasi saat ini: hanya untuk dibawa pulang). Perjalanan ke starbucks:  Pelanggan berjalan atau mengemudi ke lokasi Starbucks. Melihat tanda dan logo:  Pelanggan melihat logo Starbucks dan tanda pada pintu masuk. Instruksi di pintu:  Pelanggan melihat instruksi di pintu mengenai proses pemesanan. Memilih pesan online:  Pelanggan...

APSI - TUGAS 8 - Data Modelling

  Apa itu Data Modelling? Data modeling adalah proses merancang struktur dan representasi data untuk memahami, menggambarkan, dan mengorganisasi informasi dalam suatu sistem atau organisasi. Hal ini dilakukan dengan menggunakan konsep, notasi, dan metode tertentu untuk menyusun model data yang mempresentasikan hubungan antara entitas, atribut, dan aturan yang berlaku dalam konteks yang relevan. Data modeling membantu dalam pemahaman dan dokumentasi yang lebih baik tentang data yang digunakan dan diproses dalam suatu sistem. Tujuannya adalah untuk menciptakan pemahaman yang konsisten dan jelas tentang struktur data, hubungan antara data, dan aturan bisnis yang mengatur penggunaan data. jenis jenis data modeling CDM (Conceptual Data Model): Model data konseptual (CDM) adalah representasi tingkat tinggi dari struktur data yang berfokus pada pemahaman konseptual dari domain atau sistem yang dimodelkan. CDM membantu untuk memahami informasi yang diperlukan dalam suatu organisasi atau si...