Langsung ke konten utama

Quiz 2 Pemrograman Web

Nama  : Ananda Hadi Saputra

NRP    : 5025201148

Kelas   : Pemrograman Web

Tahun  : 2023

1. Tuliskan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak dan struktur menu yang cocok untuk aplikasi yang akan dibuat (individu - jam kuliah

Spesifikasi Kebutuhan:

    Manajemen Siswa:

    • Basis Data Siswa: Nama, usia, alamat, data kontak, dan riwayat belajar.
    • Pendaftaran Siswa Baru: Formulir pendaftaran online dengan validasi data.
    • Pembaruan Informasi: Kemampuan untuk memperbarui informasi siswa.
    • Manajemen Jadwal Bimbingan:

    Manajemen Jadwal Bimbingan:

    • Kalender Jadwal: Tampilan berdasarkan cabang, guru, atau mata pelajaran.
    • Penjadwalan Bimbingan: Tambah, ubah, atau batalkan jadwal bimbingan
    Pengelolaan Materi Pelajaran:
    • Penyimpanan Materi: Berdasarkan mata pelajaran dan tingkat kelas.
    • Integrasi Sumber Belajar: Modul, video, latihan soal, dan sumber belajar lainnya.

    Komunikasi:

    • Sistem Pesan Internal: Untuk guru, siswa, dan orang tua.
    • Pemberitahuan Otomatis: Jadwal bimbingan, hasil tes, atau pengumuman penting.

    Dashboard dan Laporan:

    • Dashboard Pengelola: Ringkasan statistik jumlah siswa, jadwal bimbingan, dan kinerja guru.
    • Laporan: Perkembangan siswa, absensi, keberhasilan dalam materi tertentu.

    Keamanan dan Akses:

    • Sistem Keamanan: Perlindungan data siswa, guru, dan orang tua.
    • Pengelolaan Akses Berbasis Peran: Admin, guru, dan orang tua hanya mengakses informasi sesuai peran mereka.

    Responsif dan Mudah Digunakan:

    • Antarmuka Pengguna: Responsif dan ramah pengguna.
    • Akses dari Perangkat Apa Pun: Desktop, tablet, dan ponsel.
    • Navigasi Mudah: Memudahkan pengguna dalam menjelajahi fitur-fitur perangkat lunak.

Struktur Menu:

    1. Dashboard:
      • Ringkasan statistik.
    1. Manajemen Siswa:
      • Pendaftaran Siswa Baru.
      • Pembaruan Informasi Siswa.
    1. Jadwal Bimbingan:
      • Kalender Jadwal.
      • Penjadwalan Bimbingan.
    1. Pengelolaan Materi Pelajaran:
      • Penyimpanan Materi.
      • Integrasi Sumber Belajar.
    1. Komunikasi:
      • Sistem Pesan Internal.
      • Pemberitahuan Otomatis.
    1. Dashboard dan Laporan:
      • Dashboard Pengelola.
      • Laporan.
    1. Keamanan dan Akses:
      • Sistem Keamanan.
      • Pengelolaan Akses Berbasis Peran.
    1. Pengaturan:
      • Pengaturan Umum.
      • Pengaturan Keamanan.
    1. Logout.

  1. 2. Buatlah desain database dan struktur table yang akan menampung data yang dikelola (individu - jam kuliah)


link Vertabelo : Vertabelo

3. Desain Front End dan Page End yang dibuat untuk aplikasi (individu - jam kuliah)

DASHBOARD

SISWA

JADWAL BIMBINGAN

MATERI PELAJARAN

KOMUNIKASI PESAN

PENGGUNA

STATISTIK

LAPORAN

Link Figma: Figma

4. Sebutkan daftar action untuk Back End yang akan dibutuhkan. Jelaskan digunakan apa saja (individu - jam kuliah)

Siswa:

    1. Create: Menambahkan siswa baru ke database.
    2. Read: Mengambil informasi tentang satu atau lebih siswa.
    3. Update: Mengubah detail siswa yang sudah ada.
    4. Delete: Menghapus siswa dari database.

Jadwal_Bimbingan:

    1. Create: Menjadwalkan sesi bimbingan baru.
    2. Read: Mengambil informasi tentang jadwal bimbingan untuk satu atau lebih siswa.
    3. Update: Mengubah detail sesi bimbingan yang sudah ada.
    4. Delete: Membatalkan atau menghapus sesi bimbingan.

Materi_Pelajaran:

    1. Create: Menambahkan materi pelajaran baru ke database.
    2. Read: Mengambil informasi tentang materi pembelajaran untuk mata pelajaran dan tingkat kelas tertentu.
    3. Update: Mengubah detail materi pembelajaran yang sudah ada.
    4. Delete: Menghapus materi pembelajaran dari database.

Komunikasi_Pesan:

    1. Create: Mengirim pesan baru antara pengguna (siswa atau guru).
    2. Read: Mengambil pesan untuk pengguna atau percakapan tertentu.
    3. Update: Menandai pesan sebagai sudah dibaca atau memperbarui konten pesan.
    4. Delete: Menghapus pesan atau seluruh percakapan.

Dashboard_Statistik:

    1. Read: Mengambil dan menampilkan statistik seperti jumlah siswa, sesi bimbingan, dan kinerja guru.

Laporan:

    1. Create: Menghasilkan dan menyimpan laporan baru untuk perkembangan siswa, absensi, dll.
    2. Read: Mengambil informasi dari laporan yang sudah ada.
    3. Update: Mengubah konten atau detail laporan.
    4. Delete: Menghapus laporan dari database.

Pengguna:

    1. Create: Menambahkan pengguna baru ke sistem (admin, guru, atau orang tua).
    2. Read: Mengambil informasi tentang pengguna.
    3. Update: Mengubah detail pengguna atau peran.
    4. Delete: Menghapus pengguna dari sistem.

5. Implementasikan dan buat dokumentasinya. Presentasikan jawaban ke dalam bentuk video dan embendded ke blog jawaban (kelompok 3 orang - deadline 12 Desember 2023 jam 08.00)

Link : Video
Link : Code


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS PWEB

Nama    : Ananda Hadi Saputra NRP      : 5025201148 Kelas    : Pemograman Web - A Tahun   : 2023 ETS PWEB 1. Jelaskan fungsi html, css, javascript, bootstrap, dalam pembangunan aplikasi web HTML (Hypertext Markup Language): Fungsi : HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur dasar dari halaman web. Ini mendefinisikan elemen-elemen seperti teks, gambar, tautan, paragraf, dan bagian lainnya dalam dokumen web. Peran : HTML digunakan untuk mengatur konten dasar di halaman web dan memberikan struktur yang akan dihiasi dengan gaya CSS. CSS (Cascading Style Sheets): Fungsi : CSS digunakan untuk mengatur tampilan dan tata letak elemen-elemen HTML. Ini mendefinisikan warna, jenis huruf, ukuran, jarak antara elemen, dan gaya visual lainnya. Peran : CSS memungkinkan pengembang untuk merancang tampilan yang menarik dan konsisten untuk halaman web. JavaScript: Fungsi : JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk memberik...

APSI - TUGAS 5 - Requirement Definition

Requirement Definition Definisi Requirements Dalam pengembangan perangkat lunak, definisi requirements mengacu pada proses mengidentifikasi, mendefinisikan, dan mendokumentasikan kebutuhan atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu sistem atau aplikasi. Requirements atau kebutuhan ini berfungsi sebagai panduan bagi tim pengembang perangkat lunak dalam merancang, mengembangkan, dan menguji sistem yang diinginkan. Fungsi Requirements Berikut adalah beberapa fungsi utama dari requirements: Menjelaskan kebutuhan pengguna: Requirements membantu menggambarkan dan menjelaskan kebutuhan pengguna atau pemangku kepentingan terkait sistem atau aplikasi yang akan dikembangkan. Menyediakan panduan untuk perancangan sistem: Requirements menjadi dasar dalam merancang arsitektur, fungsionalitas, dan fitur-fitur yang akan ada dalam sistem. Membantu dalam perencanaan dan estimasi proyek: Requirements yang terdefinisi dengan baik memungkinkan tim pengembang untuk melakukan perencanaan proyek yang le...

ETS - PPL A

NAMA   : Ananda Hadi S NRP        : 5025201148 KELAS : PPL A 1. Apakah perbedaan model analysis dengan model desain? Model Analysis Model analisis fokus pada pemahaman dan penjelasan tentang bagaimana suatu sistem atau fenomena bekerja atau berinteraksi.  Tujuan utama dari model analisis adalah untuk mengidentifikasi masalah, memahami hubungan antara variabel, dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang suatu situasi atau sistem.  Contoh dari model analisis termasuk model matematika, analisis data, atau teori yang digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi perilaku sistem tertentu.  Model Desain Model desain berfokus pada pembuatan rencana atau representasi bagaimana suatu sistem atau objek akan dibuat atau dirancang.  Tujuan dari model desain adalah untuk menghasilkan solusi atau implementasi yang memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu berdasarkan hasil analisis.  Contoh model desain meliputi blueprints (denah), skema konstruksi, a...