Langsung ke konten utama

APSI - TUGAS 6 - Analisa Use Case

Analisa Use Case

Use case merupakan representasi dari interaksi antara pengguna (aktor) dengan sistem dalam mencapai tujuan tertentu. Use case digunakan untuk menggambarkan serangkaian langkah atau skenario yang menggambarkan bagaimana pengguna menggunakan sistem untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Dalam analisis perangkat lunak, use case digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan fungsional dan menggambarkan interaksi antara aktor (pengguna) dan sistem dalam hal aksi yang dilakukan oleh masing-masing pihak. Use case memberikan deskripsi yang jelas tentang apa yang dilakukan oleh sistem dan bagaimana sistem berinteraksi dengan pengguna dalam konteks tertentu.

Fungsi Use Case

Use case membantu dalam menjelaskan interaksi antara pengguna (aktor) dengan sistem perangkat lunak.

  • Use case membantu dalam mendefinisikan persyaratan fungsional dari sistem.
  • Use case membantu dalam menggambarkan skenario utama (normal) dan skenario alternatif atau eksepsi dalam interaksi pengguna-sistem.
  • Use case dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif antara tim pengembangan perangkat lunak, pemangku kepentingan bisnis, dan pengguna.
  • Use case dapat digunakan sebagai dasar untuk pengujian dan verifikasi sistem.

Implementasi

Nama Use Case: Menonton Film/Serial TV di Aplikasi Netflix

Aktor Utama: Pengguna

Deskripsi: Use case ini menggambarkan langkah-langkah yang diambil oleh pengguna untuk menonton film atau serial TV di aplikasi Netflix.

Skenario Utama:

  1. Pengguna membuka aplikasi Netflix di perangkatnya.
  2. Pengguna melakukan login atau membuat akun baru jika belum memiliki akun.
  3. Pengguna masuk ke halaman beranda Netflix.
  4. Pengguna menjelajahi konten menggunakan fitur pencarian, daftar kategori, atau rekomendasi yang ditampilkan.
  5. Pengguna memilih film atau serial TV yang ingin ditonton.
  6. Aplikasi menampilkan informasi detail tentang film/serial TV, termasuk sinopsis, durasi, rating, dan pemeran.
  7. Pengguna memilih opsi "Play" untuk memulai pemutaran konten.
  8. Aplikasi memulai streaming konten dan menampilkan layar pemutaran video.
  9. Pengguna dapat menggunakan kontrol pemutaran seperti play/pause, mundur/maju cepat, dan pengaturan volume.
  10. Setelah selesai menonton, pengguna dapat menekan tombol "Stop" atau menutup aplikasi.

Skenario Alternatif:

  1. Jika pengguna belum memiliki akun, langkah 2 digantikan dengan pembuatan akun baru dengan mengisi informasi yang diperlukan.
  2. Jika pengguna tidak dapat menemukan konten yang diinginkan, pengguna dapat menggunakan fitur pencarian lanjutan atau mengganti kategori penelusuran.
  3. Jika pengguna mengalami masalah dengan streaming, pengguna dapat memeriksa koneksi internet atau melaporkan masalah kepada layanan pelanggan.

Postconditions:

  1. Konten film/serial TV diputar dan ditampilkan dengan benar di layar pengguna.
  2. Pengguna dapat mengontrol pemutaran konten menggunakan kontrol pemutaran yang disediakan.
  3. Pengguna dapat menikmati konten secara keseluruhan tanpa adanya gangguan atau masalah dalam streaming.

Exceptions:

  1. Koneksi Internet Bermasalah

  2. Konten Tidak Tersedia, Pengguna memilih film/serial TV yang tidak tersedia untuk streaming karena batasan wilayah atau hak cipta.

  3. Masalah Teknis Pada Aplikasi.

Summary:

Pelanggan menggunakan layanan streaming netflix untuk menonton film/series yang diinginkan pengguna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS - PPL A

NAMA   : Ananda Hadi S NRP        : 5025201148 KELAS : PPL A 1. Apakah perbedaan model analysis dengan model desain? Model Analysis Model analisis fokus pada pemahaman dan penjelasan tentang bagaimana suatu sistem atau fenomena bekerja atau berinteraksi.  Tujuan utama dari model analisis adalah untuk mengidentifikasi masalah, memahami hubungan antara variabel, dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang suatu situasi atau sistem.  Contoh dari model analisis termasuk model matematika, analisis data, atau teori yang digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi perilaku sistem tertentu.  Model Desain Model desain berfokus pada pembuatan rencana atau representasi bagaimana suatu sistem atau objek akan dibuat atau dirancang.  Tujuan dari model desain adalah untuk menghasilkan solusi atau implementasi yang memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu berdasarkan hasil analisis.  Contoh model desain meliputi blueprints (denah), skema konstruksi, a...

APSI - TUGAS 8 - Data Modelling

  Apa itu Data Modelling? Data modeling adalah proses merancang struktur dan representasi data untuk memahami, menggambarkan, dan mengorganisasi informasi dalam suatu sistem atau organisasi. Hal ini dilakukan dengan menggunakan konsep, notasi, dan metode tertentu untuk menyusun model data yang mempresentasikan hubungan antara entitas, atribut, dan aturan yang berlaku dalam konteks yang relevan. Data modeling membantu dalam pemahaman dan dokumentasi yang lebih baik tentang data yang digunakan dan diproses dalam suatu sistem. Tujuannya adalah untuk menciptakan pemahaman yang konsisten dan jelas tentang struktur data, hubungan antara data, dan aturan bisnis yang mengatur penggunaan data. jenis jenis data modeling CDM (Conceptual Data Model): Model data konseptual (CDM) adalah representasi tingkat tinggi dari struktur data yang berfokus pada pemahaman konseptual dari domain atau sistem yang dimodelkan. CDM membantu untuk memahami informasi yang diperlukan dalam suatu organisasi atau si...

EAS - PPL A

NAMA     : Ananda Hadi S NRP      : 5025201148 KELAS : PPL A EAS Perancangan Perangkat Lunak A, dengan pilihan desain Starbuck Deskripsikan model bisnis yang dipilih? Touchpoints (Titik Kontak) Google Map Smart Phone Google Map Smart Phone Car Store’s Architecture and Signage Printed Materials Starbucks Application and Credit Card Machine Starbucks Application Pick-up Window, Employee Employee, Pick-up Box, and Drinks User Journey Pengaturan tujuan:  Pelanggan mengatur tujuan ke Starbucks terdekat menggunakan Google Maps di smartphone. (Catatan:  Menyediakan informasi tentang bagaimana Starbucks beroperasi saat ini: hanya untuk dibawa pulang). Perjalanan ke starbucks:  Pelanggan berjalan atau mengemudi ke lokasi Starbucks. Melihat tanda dan logo:  Pelanggan melihat logo Starbucks dan tanda pada pintu masuk. Instruksi di pintu:  Pelanggan melihat instruksi di pintu mengenai proses pemesanan. Memilih pesan online:  Pelanggan...